Selasa, 26 Januari 2010

Profil Kabupaten Sumenep



Kabupaten Sumenep secara geografis terletak antara 113032;54" - 116016;48" Bujur timur dan 4055'- 7024'1 Lintang Selatan. Wilayah Kabupaten Sumenep memiliki batas-batas sebagai berikut, Sebelah selatan berbatasan dengan Selat Madura, Sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pamekasan, Sebelah timur berbatasan dengan Laut Jawa / Laut Flores. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.093.45 km dan populasi 1 juta jiwa. Ibu kotanya ialah Kota Sumenep dan wilayahnya terbagi menjadi dua puluh tujuh kecamatan.


Kabupaten sumenep merupakan penghasil utama jagung di Jatim. Tanaman berambut cokelat ini merupakan jantung kehidupan masyarakat kabupaten ini. Selain untuk bahan pangan jagung ini juga menjadi pakan ternak dan benih yang di ekspor ke hongkong, taiwan, jepang dan amerika serikat.

Untuk tanaman padi kabupaten ini khususnya di Pulau Kangean terdapat padi talar menyan yang dikenal lebih harum dan pulen.

Di sektor pariwisata, Kabupaten Sumenep memiliki wisata alam yang berpotensi untuk dikembangkan. Pantai Lombang yang terletak di bagian paling timur Kabupaten Sumenep, dengan pasir putih yang terasa lembut di telapak kaki. Dipadu sejuknya udara dari rimbun dan hjaunya hutan cemara udang.


Sumber Data:
Jawa Timur Dalam Angka 2007
(01-9-2007)
BPS Propinsi Jawa Timur
Jl. Raya Kendangsari Industri 43-44, Surabaya
Telp (031) 8438873
Fax (031) 8494007



Catatan:

Sumenep (bahasa Madura: Songènèb) adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.093.45 km² dan populasi ±1 juta jiwa. Ibu kotanya ialah Kota Sumenep.

Kabupaten Sumenep pada masa kolonial dikuasai oleh keluarga keadipatian Madura, yaitu keluarga Cakraningrat.

Kabupaten ini terletak di ujung timur Pulau Madura. Kabupaten Sumenep selain terdiri wilayah daratan juga terdiri dari berbagai pulau di Laut Jawa, yang keseluruhannya berjumlah 126 pulau. Pulau yang paling utara adalah Pulau Karamian dalam gugusan Kepulauan Masalembu dan pulau yang paling timur adalah Pulau Sakala.

Batas-batas kabpuaten ini adalah sebagai berikut. Sebelah selatan berbatasan dengan Selat Madura, aebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, aebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pamekasan, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Jawa/Laut Flores.

Kabupaten ini memiliki 26 kecamatan, baik di daratan Pulau Madura maupun di gugus kepulauan. Daftar kecamatan di Kabupaten Sumenep dapat dilihat pada boks di bagian akhir artikel ini.


Wisata

Pantai Lombang - adalah pantai dengan hamparan pasir putih dan gugusan tanaman cemara udang yang tumbuh di areal tepi dan sekitar pantai. Suasananya sangat teduh dan indah sekali. pantai Lombang adalah satu-satunya pantai di Indonesia yang ditumbuhi pohon cemara udang.

Pantai Slopeng - adalah pantai dengan hamparan gunung pasir putih yang mengelilingi sisi pantai sepanjang hampir 6 km. Bila anda suka memancing ikan di laut, maka kawasan pantai ini sangat cocok untuk mancing ria karena areal lautnya kaya akan beragam jenis ikan, jenis ikan tongkol juga ada.


Ragam Hal

Sumenep adalah kabupaten di pulau madura yang sejak dulu tercatat sebagai daerah dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya paling besar di madura. Ini dikarenakan kabupaten ini memiliki sumber gas dan minyak yang cukup besar yang ada di pulau Pagerungan.

Masyarakat kabupaten Sumenep sangat ramah, mungkin disebabkan adanya pengaruh budaya kalem keraton jawa yang dianut masyarakat terutama para bangsawan dan abdi dalem Keraton Kota Sumenep.

Sejak dulu Kabupaten Sumenep tercatat sebagai kabupaten dengan tingkat penjualan sepeda motor dan mobil terbesar dan tertinggi di seluruh kawasan pulau madura. Ini menandakan tingkat kesejahteraan masyarakat di kabupaten Sumenep tinggi.



Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=3529

http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sumenep


Sumber Gambar:
http://adrenaline.ucsd.edu/HybridEnvironments/indonesia_trip/links/eastjava/pkab-sumenep.gif

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar