Selasa, 26 Januari 2010

Profil Kabupaten Pamekasan


Kabupaten Pamekasan secara geografis terletak antara 11319 11358 Bujur timur dan 651 731 Lintang Selatan. Wilayah Kabupaten Pamekasan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sumenep sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sampang dan sebelah selatan berbatasan dengan Selat Madura. Luas wilayah Kabupaten Pamekasan 792,30 Km2 yang terbagi menjadi tiga belas kecamatan dengan Pamekasan sebagai ibukota dari Kabupaten Pamekasan.


Sektor Pertanian Kabupaten Pamekasan selalu mengalami peningkatan. Dengan Luas areal Pertanian Kabupaten Pamekasan keseluruhnya mencapai 74.467,167 Ha yang terdiri luas tegalan 62.013,769 Ha, sawah irigrasi 6.649,5 Ha dan sawah tadah hujan 5.803,898 Ha. Selain padi terdapat pula Beberapa komoditas untuk sayuran seperti bayam, kangkung, terong, bawang merah, lombok, kacang panjang, ketimun. Sedangkan untuk tanaman holtikultura terdapat durian, jaruk, mangga dan pisang. areal persawahan yang paling banyak terdapat di Kecamatan Pademawu, Proppo, Pegantenan dan Palengaan, sedangkan kawasan tegalan yang banyak terdapat di kecamatan Pamekasan, Pademawu dan Proppo.
Di sektor perkebunan, masyarakat kabupaten pamekasan memprioritaskan tanam tembakau sebagai mata pencarian utama di musim kemarau maupun daerah kering. Komoditas tanaman tembakau sebagian besar dipasarkan pada pasar regional, nasional maupun internasional Khususnya pada pabrik rokok (Gudang garam, Sampurna, Djarum, dan lain-lain). Hal ini tembakau Pamekasan citra rasa tersendiri dan biasanya digunakan sebagai bahan campuran dari tembakau yang ada di tempat lain.

Peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pamekasan khususnya di titik beratkan sektor pertanian dengan pengembangannya pada sektor industri. Beberapa pengelompokan industri yang ada di Kabupaten Pamekasan sebagai berikut: Industri kecil, Pembuatan kripik tetteh, batik tulis, ikan asin, petis, tahu tempe, anyaman dan souvenir, kacang otto, dan perajangan tembakau. Industri sedang, Industri ini berupa penggaraman yang berlokasi Kecamatan Galis, Tlanakan dan Pademawu, sedangkan penyamakan kulit berlokasi di desa Akkor Kecamatan Padelegan. Untuk pengolahan ikan berada di pesisir pantai Jumiang, Pademawu, Tlanakan, Batu Kerbuy dan Pasean.
Salah satu wisata budaya yang cukup terkenal di pamekasan adalah Wisata budaya kerapan sapi yang merupakan ciri khas dari kesenian Madura, konon menurut cerita kerapan sapi diselenggarakan sejak awal abad ke XV tepatnya di masa pemerintahan Raja Jokotole yang bergelar Sestro Negoro III (tahun 1415 -1480). Untuk acara kerapan sapi diadakan setiap tahunnya satu kali dan diselenggarakan melalui tahapan seleksi mulai dari tingkat kecamatan, kewedanan untuk juara kontingen masing-masing Kabupaten dari empat Kabupaten yang ada di Palau Madura.


Sumber Data:
Jawa Timur Dalam Angka 2007
(01-9-2007)
BPS Propinsi Jawa Timur
Jl. Raya Kendangsari Industri 43-44, Surabaya
Telp (031) 8438873
Fax (031) 8494007


Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=3528

Sumber Gambar:
http://adrenaline.ucsd.edu/HybridEnvironments/indonesia_trip/links/eastjava/pkab-pamekasan.gif

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar