Selasa, 26 Januari 2010

Jembatan Suramadu, Jembatan Terpanjang di Indonesia dari Surabaya ke Madura

Sudahkah Anda mendengar tentang Jembatan Suramadu? Nama Suramadu memang merupakan singkatan identitas jembatan tersebut, yaitu Surabaya dan Madura, artinya jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan Madura.

Pembangunan Jembatan Suramadu mendekati proses penyelesaian, kemungkinan akan selesai dan diresmikan bulan Juni 2009. Dengan panjang 5.438 m, maka Jembatan Suramadu akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia yang akan menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Madura).


foto : vibizlife / Andry

Dengan adanya Jembatan Suramadu ini, maka akan memperlancar arus lalu lintas atau angkutan barang dan orang, yang berarti menghemat waktu dan biaya. Dengan kelancaran tersebut, akan meningkatkan tumbuhnya aktivitas perekonomian, karena masyarakat tidak sulit lagi menjangkau Pulau Madura bagi masyarakat Surabaya dan daerah lainnya, maupun Pulau Jawa bagi masyarakat Madura.

Manfaat yang diperoleh lainnya adalah penerimaan dari tarif tol yang diberlakukan. Dengan adanya transportasi barang dan orang yang semakin meningkat, pasti akan meningkatkan penerimaan dari tarif tol. Hal ini pasti akan berakibat kemajuan pembangunan di Madura maupun Surabaya, khususnya ditujukan untuk mempercepat pembangunan di pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

Ide mengenai hubungan langsung antara pulau Sumatera dan Jawa ini mulai tercetus pada tahun 1960. Pada tahun 1960 ide seperti itu merupakan teroboson 'berani' di zaman itu. Sebagai tindak lanjutnya, pada tahun 1965 dibuatlah uji coba desain (Jembatan Selat Sunda). Proyek ini diberi nama Tri Nusa Bima Sakti. Jembatan ini diresmikan pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003.

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kita perlu berbangga dengan adanya Jembatan Suramadu ini, dimana jembatan modern ini akan memperlihatkan bahwa Indonesia sangggup membangun jembatan terpanjang di negeri ini. (asido/AS/vbl)


Sumber :
http://vibizlife.com/travel_details.php?pg=travel&id=13654
21 Mei 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar